Aug 27, 2024

Faktor yang Mempengaruhi Harga Busi Motor




Komponen yang ada dalam sebuah benda hidup, tentu memiliki fungsi masing-masing. Apabila salah satunya tidak ada atau tidak berfungsi dengan baik, sudah pasti benda hidup itu tidak akan berjalan dengan sempurna. Dalam sebuah kendaraan bermotor ada namanya busi. Benda kecil berwarna putih dengan ujung berwarna logam. Ukurannya kecil kira-kira sepanjang jari kelingking, namun benda tersebut berfungsi agar kendaraan bermotor berjalan dengan baik.

Namun, di luar sana banyak variasi busi motor dengan berbagai macam harga. Di bawah ini merupakan faktor yang mempengaruhi harga busi motor dan bagaimana memilih busi motor yang tepat.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Busi Motor


1 | Jenis dan Tipe Busi 


Busi motor tersedia dalam beberapa jenis, seperti busi standar, iridium, platinum, dan busi racing. Ada busi iridium dan platinum yang cenderung lebih mahal dibandingkan busi standar karena material yang digunakan memiliki kualitas lebih tinggi serta daya tahan jauh lebih lama dari busi standar.

Dengan adanya jenis dan tipe busi ini, membuat busi motor memiliki harga yang berbeda-beda. Seperti benda pada umumnya, busi pun memiliki kualitas dan kinerja yang berbeda. Hal ini sudah jelas, ya. 

2 | Merek Busi 


Seperti merek produk pada umumnya, merek busi pun memiliki peran besar dalam penentuan harga. Merek ternama seperti NGK, Denso, dan Bosch menawarkan harga busi lebih tinggi karena jaminan kualitas dan performa yang lebih baik.

Kita tahu, bahwa mereka selalu membawa harga suatu barang. Semakin terkenal merek tersebut, semakin mahal pula harga yang dijual. Tentunya, faktor terkenal dari merek tersebut karena memang kualitasnya terpercaya. Memang pada merek lain pasti ada yang memiliki kualitas yang setara, akan tetapi merek tersebut belum bisa ditemukan oleh khalayak umum. 

3 | Teknologi dan Inovasi 


Selain mengenai mereka dan bahan yang digunakan sebuah busi. Harga busi motor pun dipengaruhi oleh teknologi yang digunakannya. Seiring perkembangan teknologi, beberapa busi dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan yang meningkatkan efisiensi pembakaran, seperti teknologi multi-ground electrode. Hal yang sangat wajar untuk harga busi motor dengan teknologi tinggi dan dibanderol dengan harga yang tinggi pula. 

4 | Ketersediaan dan Distribusi 


Tidak jauh berbeda dengan produk lainnya, harga busi motor pun dipengaruhi oleh ketersediaan di pasar. Menganut ilmu ekonomi, semakin sulit didapatkannya suatu barang, maka harga barang tersebut semakin tinggi pula. 

Saya ingat, ketika saya kuliah dulu, kami mencari kertas dengan warna tertentu. Karena permintaan banyak (bukan hanya saya yang mencarinya) maka kertas tersebut menjadi langka. Dengan langka-nya kertas tersebut, penjual menaikkan harga jualnya.

5 | Spesifikasi Motor 


Nyatanya dalam dunia busi motor, busi pun memiliki spesifikasi khusus untuk motor yang memiliki spesifikasi khusus. Umumnya, spesifikasi khusus ini ada pada motor baru keluar di tahun itu. Saya rasa, tidak hanya motor saja, pun seperti kamera atau barang lainnya. Suku cadang yang dimiliki masih baru dan masih sulit ditemukan di pasaran. Makanya, harganya jauh lebih mahal.

Itu dia faktor-faktor yang mempengaruhi harga busi motor. Semoga bermanfaat!

5 Comments:

  1. betul sekali, busi iridium memang lebih baik dari busi biasa, meskipun harganya lebih mahal dari busi biasa. Saya juga ada plan untuk ganti busi motor dengan iridium dalam waktu dekat, hehehe

    ReplyDelete
  2. busi iridium memang lebih baik dari busi biasa dari segi fungsi dan kualitas. Saya juga berencana mengganti busi ke iridium dalam waktu dekat, hehehehe

    ReplyDelete
  3. terima kasih, sangat membantu sekali😍

    ReplyDelete
  4. Pengetahuan ini yang harus cewek terutama aku ketahui. Pernah busi motorku rusak asal ganti aja gak tahu penyebabnya

    ReplyDelete
  5. wah aku baru tahu kalau ternyata busi itu banyak macamnya. Maklum nggak pernah ikut urusan langsung untuk merawat motor sendiri

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^