Jul 7, 2024

5 Alasan Seharusnya Kamu Tidak Menjadi Seorang Blogger



5 Alasan Seharusnya Kamu Tidak Menjadi Seorang BloggerDi reels maupun video tiktok, saya membagikan mengenai keuntungan menjadi seorang blogger. Bahkan, kamu bisa menjadi fulltime blogger tanpa harus bekerja dari jam delapan pagi sampai jam 5 sore. Itu benar adanya, akan tetapi kamu jangan mentah-mentah menerima informasi tersebut. Sebab, seperti mi instan yang membutuhkan proses, begitu pula menjadi seorang blogger.

Ingatlah, mendapatkan uang itu sulit. Hal yang sulit membutuhkan proses. Sehingga, setiap mendapatkan informasi menggiurkan mengenai menghasilkan uang dengan mudah, kamu patut curiga.

Sadar tidak bahwa kita bisa tertipu dengan hal-hal yang berhubungan dengan kita atau hal yang kita inginkan? Seperti ketika kita menginginkan pekerjaan freelance, lalu ada informasi lowongan kerja freelance hanya balas chat saja, langsung tergiur. Nyatanya, kebanyakan informasi pekerjaan tersebut adalah penipuan.

Maka, kamu harus berhati-hati dengan hal yang kamu inginkan atau hal yang kamu sukai.

Jangan hanya melihat informasi di internet lalu kamu tergiur melakukannya tanpa tahu konsekuensinya dan bagaimana cara mendapatkannya. 

Nah, berbicara mengenai blogger, memang sidejob ini menguntungkan. Tapi, tidak bisa didapatkan secara mudah. Di bawah ini merupakan alasan tidak seharusnya kamu menjadi blogger.

Alasan Seharusnya Kamu​​ Tidak atau Berhenti Menjadi Blogger


1 | Tidak Konsisten

Kata konsisten muncul di mana-mana, tidak hanya dalam dunia blogging. Sebab, konsisten ketika melakukan sesuatu memang sepenting itu. Maka, apabila kamu tidak konsisten dalam menulis blog, tidak rajin membagikan hasil tulisan ke media sosial, tidak rajin riset, maka lebih baik kamu tidak menjadi blogger. Apalagi, cita-cita kamu mendapatkan penghasilan dari menulis blog. Lebih baik, tinggalkan saja cita-cita itu.

2 | Mementingkan Uang

Apabila tujuan kamu menjadi blogger hanya menginginkan uang, lebih baik jangan. Memang, mendapatkan uang dari menulis blog sangat menggiurkan, kamu bisa mendapatkan $100 dalam sekali post. Akan tetapi, untuk di titik tersebut sangatlah sulit. Terlebih lagi, sekarang banyak platform pesaing, sehingga untuk  mendapatkan penghasilan dari menulis blog saat ini sulit apalagi kalau kamu baru terjun dalam dunia blogger.

3 | Tidak Ikut Komunitas

Ikut komunitas blogger berbeda dengan ikut komunitas sepeda atau motor, sehingga kamu tidak perlu takut untuk berkomunitas. Kamu bisa bergabung dengan komunitas blogger di facebook. Selain mendapatkan teman baru, kamu bisa mempelajari cara blogger lain dalam menulis artikel dan lainnya. Kamu bisa sedikit mencontek kebiasaan mereka dan cara mereka menulis blog. Tak jarang, blogger lain akan membagikan tips menulis dan pastinya akan berguna untuk kamu.

4 | Malas Belajar

Merasa puas diri dengan ilmu yang dimiliki saat ini adalah keputusan yang salah. Meskipun kamu lulusan S2 bahkan S3 pun, semestinya kamu tetap belajar. Pertama, hal yang harus kamu lakukan adalah belajar mengosongkan gelas dan menerima ilmu baru. Sebab, hal yang kamu kira bisa pun, bisa jadi ada hal yang baru kamu ketahui. 

5 | Tidak Membuka Diri

Tidak membuka diri sama halnya dengan malas belajar. Kamu menutup ilmu baru masuk dan tidak mau menambah pengetahuan. Kamu hanya menerima hal yang ingin kamu terima saja tanpa mau tahu hal lainnya. Apabila kamu seperti ini, lebih baik tidak menjadi blogger. Sebab, ilmu menulis blog itu luas. Bahkan, saya sendiri bisa menambah skills baru dari serius menulis blog.

Itu dia alasan kenapa seharusnya kamu tidak menjadi blogger. Apakah dari poin-poin di atas, kamu adalah salah satunya? Jangan-jangan, kamu memenuhi semua poin di atas?


2 Comments:

  1. setuju banget mbak, jadi jangan mudah percaya apa-apa yang ada di medsos, yakinlah kalau yang dipost-post sama influencer di sana kebanyakan cuma nunjukin enaknya aja, padahal dibaliknya, wih bisa bikin pusing 😅

    ReplyDelete
  2. konsistensi, sepakat. Apapun bidang yang kita tekuni apabila dijalani dengan konsisten, semangat, dan pantang menyerah, pasti akan membuahkan hasil yang yang manis. Tetep tidak bisa instant.

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^