Jun 18, 2024

Cara Menjaga Kebersihan Ruang Kerja, Agar Tetap Nyaman Untuk Menulis


Cara Menjaga Kebersihan Ruang Kerja, Agar Tetap Nyaman Untuk MenulisSebagai penulis lepas yang nyaris setiap hari di rumah, lebih tepatnya berada di ruang kerja, saya sangat memperhatikan kebersihan ruangan dan menata ruangan dengan seksama. 

Sebab, apabila ruang kerja kotor, berdebu, atau berantakan hal itu cukup mengganggu konsentrasi saya. Kamu tahu, menulis artikel maupun menulis fiksi butuh konsentrasi tinggi. 

Saya yakin tidak hanya saya yang merasakan hal ini. Seringnya, pekerja lepas sering terkena distraksi ketika mengerjakan pekerjaannya di rumah. 

Entah itu oleh suara-suara bising tetangga, suara dari keluarga sendiri, tukang sate lewat, jemuran yang belum diangkat, dan hal lainnya. 

Untuk meminimalisir hal tersebut, saya melakukan hal-hal yang mungkin terlihat sepele, tetapi bisa mengganggu konsentrasi. 

Menjaga Kebersihan Ruang Kerja Agar Tetap Nyaman Menulis


1 | Membersihkan Ruangan


Untuk hal ini saya lakukan setiap pagi sebelum memulai bekerja. Saya membersihkan lantai ruang kerja, meja, dan menata meja make-up. 

Ketika ruang kerja sudah bersih, saya baru membuat kopi kemudian memulai kerja. Ya, karena saya belum menjadi seorang istri, sehingga pagi saya tidak sibuk.

Hal ini harus saya lakukan agar tidak mengganggu konsentrasi. Bahkan, ketika banyak semut berjalan-jalan di dinding depan meja saya saja, saya tidak bisa berkonsentrasi. 

2 | Mengganti Air Tanaman dan Menyiram Tanaman


Hal kedua yang selalu mengganggu pandangan saya adalah tanaman yang ada di dalam kamar. Memutuskan untuk memiliki sesuatu, itu berarti satu paket dengan tanggung jawabnya. 

Kita tidak bisa melepaskan tanggung jawab dengan barang yang kita miliki. Jangan berharap benda itu akan tumbuh, terawat, dan baik-baik saja dengan harapan orang lain yang merawatnya. 

Jadi, saya sudah memutuskan untuk memiliki tanaman hidup di dalam ruang kerja, maka saya harus merawatnya dengan baik. Caranya mudah saja, saya cukup membersihkan tempat tanaman itu, dan mengganti dengan air yang baru. 

Tanaman dalam botol kaca cepat menjadi hijau dan tumbuh jentik-jentik nyamuk. Maka, minimal satu minggu sekali saya harus mengganti airnya dengan air bersih.

Untuk tanaman lainnya, saya cukup menyiramnya seminggu sekali juga.

3 | Menata dan Membersihkan Rak Buku


Jadi, ruang kerja saya merupakan kamar tidur saya juga. Dalam satu ruangan terdapat meja kerja, rak buku, dan kasur. Sehingga, banyak hal yang perlu diperhatikan untuk ini. Rak buku menjadi salah satu hal yang harus dibersihkan juga, apalagi rak buku yang saya miliki berwarna putih. 

Terkadang, untuk membersihkannya saya menurunkan semua buku, kemudian menata ulang. Seringnya, saya hanya mengangkat buku-buku dan mengelapnya untuk menghilangkan debu. 

4 | Membersihkan Kipas


Saya belum memiliki pendingin ruangan, sehingga saya menggunakan kipas. Apabila kipas tidak sering dibersihkan akan berpengaruh pada putarannya. 

Putaran kipas terganggu, sehingga mengeluarkan suara yang berisik. Hal ini akan mengganggu konsentrasi saya juga.

5 | Membersihkan Kasur dan Mengganti Seprai


Kasur merupakan salah satu benda yang ada di ruang kerja karena memang kamar saya merupakan ruang kerja saya juga. Maka, hal ini juga mempengaruhi konsentrasi menulis saya. Saya rajin menata kasur dan mengganti seprainya seminggu sekali. 


Kali ini saya menggunakan sprei dan bed cover dari MY LOVE dengan nama motif clarinda. Saya cenderung menyukai sprei yang materialnya adem dan halus , lalu motifnya tidak aneh-aneh. Lebih suka ke sprei tanpa motif, motif kotak-kotak, polkadot, dan bunga-bunga. 

Selain itu, saya tidak membelinya. Sprei My Love memiliki banyak motif yang bervariatif, sehingga saya bisa memilih sesuai dengan kebutuhan saya.

Dengan motif yang sederhana, estetik, membuat saya lebih betah di dalam kamar untuk bekerja atau untuk beristirahat.




Selain itu, bedcover yang disediakan oleh My Love memiliki motif 2 in 1, sehingga saya bisa menggunakannya di kedua sisi. Kain yang digunakan tebal dan rapat 200 thread count/inch. Bedcovernya sendiri diproses menggunakan sistem Komputer Quilting sehingga jahitannya lebih rapi. 




Sprei dari My Love memiliki bermacam-macam ukuran yang disesuaikan dengan kasur yang kamu miliki. Tinggi dari spreinya 30 cm untuk semua ukuran.




Mengganti seprai dan memilih kualitas sprei yang baik, memberikan saya kenyamanan tidur layaknya tidur di hotel berbintang. Hal ini pun memberikan kualitas tidur yang baik untuk saya.

Untuk motif dan informasi mengenai sprei dan bed cover My Love bisa cek situs mereka di mylovebedcover.com.

Itu dia hal yang saya lakukan untuk meningkatkan konsentrasi ketika menulis. Semua penulis atau pekerja lepas pastinya memiliki caranya masing-masing. Kalau kamu, bagaimana?

Semoga bermanfaat!

0 Comments:

Post a Comment

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^